- Advertisement -spot_img
HomeKabar DesaAda Taruna Tani di Desa Torongrejo untuk Wadahi Petani Muda

Ada Taruna Tani di Desa Torongrejo untuk Wadahi Petani Muda

- Advertisement -spot_img

Radar Batu, BATU – Upaya dalam mendorong regenerasi petani muda di Kota Batu terus dilakukan. Ini agar potensi pertanian di Kota Batu terus terjaga kelestariaannya dan berlangsung secara berkelanjutan.

Karena itu, Pemerintah Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu turut mendorong anak muda untuk bertani melalui Gabungan kelompok tani (Gapoktan) Torongrejo dengan membentuk Taruna Tani.

“Potensi Desa Torongrejo adalah pertanian. Karena itu untuk mendorong terciptanya generasi muda milenial di bidang pertanian dibawah naungan Bumdes kami sangat mendukung adanya Taruna Tani,” ujar Kepala Desa Torongrejo, Sugeng Santoso, Rabu (7/7/2021).

Harapannya Taruna Tani bisa menjadi penggerak anak muda atau petani-petani milenial lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi dan informasi. Sehingga kesan petani yang selalu kotor berubah mindset menjadi petani berdasi.

“Dengan adanya Taruna Tani ini kami berharap menjadi wadah dan salah satu upaya untuk menumbuhkan semangat petani muda. Artinya mereka boleh berpendidikan tinggi namun mau mengembangkan pertanian milik orang tuanya,” bebernya.

Untuk mendukung berjalannya Taruna Tani itu, Sugeng menambahkan bakal mengucurkan anggaran sebagai bentuk pemberdayaan. Buktinya dari total Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), dan DBHCT Pemdes Torongrejo tahun ini sekitar Rp 4,8 miliar. Sebanyak 60 persen untuk pemberdayaan dan 40 persen pembangunan.

Kepala Desa Torongrejo, Sugeng Santoso. (Asi)

“Dalam pelaksanaannya pemberdayaan SDM akan kami fokuskan dengan menggandeng dinas, penyuluh dan ahli pertanian untuk membina petani muda. Untuk menarik minat mereka, kami juga akan memberikan fasilitas berupa sarana produksi pertanian, penyuluhan dan pemberian lahan kas desa yang dikelola oleh mereka,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Taruna Tani Toraris (Torongrejo Agrobisnis), Ardifian menegaskan bahwa dengan adanya Taruna Tani menjadi langkah awal untuk wadah bagi petani muda yang ada di Torongrejo. Mengingat potensi di desa serta profesi masyarakat setempat adalah pertanian.

“Disini potensi adalah pertanian. Tapi lebih banyak dikelolah oleh orang tua dan sangat sedikit petani muda. Karena itu, dengan adanya Taruna Tani jadi wadah anak muda untuk meneruskan warisan pertanian yang ada,” papar Ardi.

Ia mengungkapkan jika langkah awal dalam menjalankan Taruna Tani adalah menyamakan persepsi bagaimana mengelola pertanian. Kemudian anggota akan mengikuti pembinaan SDM dahulu sebelum melangkah.

Ardiansyah berharap dengan wadah ini pemuda Torongrejo bisa berkontribusi pada pembangunan pertanian Kota Batu. Serta mendukung pencanangan Desa Wisata Torongrejo berkonsep pertanian sayuran.

Nantinya bersama 20 anggota yang tergabung dalam Taruna Tani. Mereka nantinya bakal menggarap lahan milik desa seluas 1000 meter persegi. Dengan komoditi sayuran yang akan dikembangkan meliputi sawi hijau, bawang prei, dan bawang merah. (Asi)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here