HomeKabar DesaBakal Ada Gerai UMKM, Sentra Ikan, dan Taman Bermain di KEPT Desa...

Bakal Ada Gerai UMKM, Sentra Ikan, dan Taman Bermain di KEPT Desa Mojorejo

Radar Batu, BATU – Pemerintah Desa (Pemdes) Mojorejo, Kecamatan Junrejo bakal membangun Kawasan Ekonomi Pedesaan Terpadu (KEPT) untuk menampung potensi UMKM yang ada di wilayah setempat.

Hal tersebut dilakukan karena Mojorejo bersiap menjadi desa wisata yang berdaya sehingga bisa membantu perekonomian masyarakat. Pemdes Mojorejo, Rujito menerangkan untuk lokasi KEPT berada di Pasar Desa Mojorejo yang sebelumnya mangkrak, terletak di Jalan Raya Ir. Soekarno.

“Agar nanti bisa ditempati kami sudah menganggarkan Rp 100 juta dari silpa Bagi Hasil Pajak (BHP) tahun 2020. Untuk renovasi bakal dimulai pada bulan Juli ini,” jelasnya, Rabu (30/6/2021).

Letak pasar yang strategis dengan luas 1,5 hektar sangat disayangkan bila tak difungsikan dengan maksimal. Selain ada 15 gerai UMKM pihaknya bakal menjadikan pasar sebagai sentra ikan hias maupun konsumsi.

“Sekarang tim teknis dari Universitas Brawijaya (UB) sedang mematangkan detail engineering desain (DED) dan master plan. Targetnya ya hari ini selesai, setelah itu kita akan menggelar rapat pemantapan. Untuk pengelola nanti bakal diserahkan kepada Bumdes,” tegasnya.

Menurut Rujito memaksimalkan potensi UMKM merupakan alternatif terbaik pasalnya letak geografis desanya berada di tengah-tengah sehingga sangat minim sekali spot pemandangan seperti desa lainnya.

“Ada kelemahan pasti ada kelebihan, nah kelebihan kami berada di jalur poros utama. Pasar desa kami memiliki tempat yang representatif untuk memasarkan produk-produk unggulan. Apalagi di Kota Batu juga belum ada sentra ikan,” tegasnya.

Tak hanya itu, rencana ke depan pasar juga bakal disulap menjadi taman wisata edukasi yang dilengkapi beragam permainan untuk anak-anak. (Asi)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here