- Advertisement -spot_img
HomePendidikanDPC PKB Batu Harapkan Mutu Pendidikan Ponpes Semakin Maju

DPC PKB Batu Harapkan Mutu Pendidikan Ponpes Semakin Maju

- Advertisement -spot_img

Radar Batu, BATU – Payung hukum yang mengatur tentang pendanaan penyelenggaraan pondok pesantren yang tertuang dalam Perpres nomor 82 tahun 2021 disambut baik oleh DPC PKB Kota Batu.

Mereka berkeinginan aturan tersebut bisa meningkatkan mutu pendidikan berbasis agama. Ketua DPC PKB Kota Batu, Nurochman mengatakan dengan adanya payung hukum tersebut pastinya bisa mendukung peningkatan mutu atau kualitas pendidikan ponpes.

“Apalagi ponpes merupakan garda terdepan dunia dalam pendidikan keagamaan. Bentuk perhatian terhadap pendidikan pesantren, sebetulnya juga telah dicurahkan Kota Batu melalui Perda nomor 2 tahun 2021 tentang fasilitasi pesantren yang disahkan pada Juni lalu,” jelasnya, Rabu (22/9/2021).

Wakil Ketua I DPRD Kota Batu ini menambahkan perpres maupun perda tersebut memiliki perhatian yang sama, yakni memajukan pendidikan pesantren. Isi dalam perpres pada pasal 1 nomor 3 mengatur tentang dana abadi pesantren yaitu dana yang dialokasikan khusus untuk pesantren dan bersifat abadi untuk menjamin keberlangsungan pengembangan pendidikan pesantren yang bersumber dan merupakan bagian dari dana abadi pendidikan.

“Bahkan sebelum diterbitkannya perpres ini, kami dari legislatif sudah menginisiasi pembentukan Perda Pesantren. Penilaian kami selama ini pesantren mandiri dalam pembiayaan dan pengelolaan sistem pembelajarannya. Jadi perpres dan perda ini sangat pas,” bebernya.

Senada, Rois Syuriah PCNU Kota Batu KH. Abdullah Tohir menguraikan bila pihaknya secara umum memberikan apresiasi yang luar biasa atas Perpres Pendaan Pesantren. Pasalnya selama ini pondok pesantren mendanai secara mandiri.

“Semoga bisa diimplementasikan dengan baik karena dana itu bisa membantu pengembangan kualitas ponpes sebagai lembaga pendidikan. Dengan adanya perpes dipastikan ponpes punya kesempatan mengakses anggaran baik dari pusat maupun pemda dalam mengembangkan pembangunan SDM maupun fisik,” terangnya.

Apalagi pesantren tergolong lembaga pendidikan tertua di Indonesia, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Selain itu selama ini pesantren dianggap tertinggal dan menerapkan pola yang kolot.

“Semoga melalui Perpres dan Perda tentang Pesantren ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Ponpes dan digunakan mengembangkan kualitas pesantren,” tutupnya. (Asi)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here