- Advertisement -spot_img
HomeHukum & KriminalKejari Batu Tetapkan 2 Tersangka Dugaan Kasus PBB dan BPHTB 2020

Kejari Batu Tetapkan 2 Tersangka Dugaan Kasus PBB dan BPHTB 2020

- Advertisement -spot_img

Kota Batu – Dua orang ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejari Kota Batu dalam kasus dugaan penyimpangan dalam pemungutan PBB dan BPHTB tahun 2020.

Kasi Intel Kejari Kota Batu, Edi Sutomo membenarkan hal tersebut. Dua orang itu berinisal J dan AFR. Tersangka AFR yang merupakan Staf Analis Pajak pada BAPENDA Kota Batu) selaku Operator SISMIOP.

Lalu, tersangka J selaku orang swasta/makelar yang sudah bekerjasama dan memberikan sejumlah uang kepada tersangka AFR untuk kepentingan penurunan BPHTB.

“Keduanya akan ditahan selama 20 hari terhitung sejak hari ini dan dapat diperpanjang oleh penuntut umum untuk kepentingan penyidikan,” ujarnya, Kamis (8/9/2022).

Setelah penetapan tersangka penyidik bakal melanjutkan pendalaman khusus terhadap masing-masing tersangka dalam rangka penyusunan berkas perkara untuk diserahkan ke Penuntut Umum. Total kerugian negara Rp 1.084.311.510,- (satu milyar delapan puluh empat juta tiga ratus sebelas ribu limaratus sepuluh rupiah).

“Kerugian itu bersumber dari selisih antara BPHTB dan PBB yang tetap ditetapkan oleh Pemkot Batu dengan yang telah diubah oleh para tersangka,” ujarnya.

Sebelumnya, Kejari Batu terus menelusuri dugaan kasus penyimpangan pemungutan pajak daerah berupa Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Badan Keuangan Daerah (BKD) Pemkot Batu tahun 2020.

Perkara tersebut dilaksanakan penyidikan berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Negeri Batu Nomor PRINT-01/M.5.44/Fd.1/01/2022 tanggal 17 Januari 2022 dan dalam kegiatan penyidikan tersebut telah diperoleh bukti-bukti dari 53 saksi yang sudah dipanggil dari kalangan PNS di Lingkungan Pemkot Batu, PPAT, serta Wajib Pajak. (asi)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here