- Advertisement -spot_img
HomePemerintahanPuncak Haornas Ke-39, Gubernur Jatim Tekankan Kolaborasi Antar Kabupaten dan Kota

Puncak Haornas Ke-39, Gubernur Jatim Tekankan Kolaborasi Antar Kabupaten dan Kota

- Advertisement -spot_img

Radar Batu Kota Malang – Puncak Hari Olah Raga Nasional (Haornas) Ke-39 dengan tema ‘Bersama Cetak Juara’ berlangsung meriah di GOR Ken Arok Kota Malang, Jumat (23/09/2022) tadi. Hadir langsung dalam puncak tersebut, yakni Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Malang, Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, jajaran Forkopimda Jatim, Forkopimda Kota Malang dan para OPD Kota Malang.

Gubernur Khofifah menyampaikan, bahwa dalam Pekan Olah Raga Nasional (PON), Jatim harus berbagi untuk keahlian olah raga yang dimiliki oleh setiap daerah. Tentu, ini agar lebih banyak medali yang bisa untuk dibawa pulang.

“Jadi memang, kalau kita bisa melakukan identifikasi juara-juara para champion di masing-masing cabang olah raga (Cabor), masing-masing kabupaten atau kota, rasanya akan lebih banyak lagi medali yang bisa kita bawa pulang,” jelas Gubernur Khofifah, seusai mengikuti acara Haornas.

Kemudian menurutnya, juga perlu untuk membangun penguatan-penguatan keahlian tersebut. Ada tiga kategori yang harus disinkronkan, antara cetak juara dengan sport tourism, sport sains dan sport industry. Sehingga, setiap event olah raga akan punya dampak ekonomi yang bisa membangun keberseiringan.

“Hal-hal yang mungkin kita bisa bangun penguatan, yakni kalau untuk di Malang Raya, saya rasa untuk sport tourism itu sangat luar biasa, sport sains itu kita punya Universitas Surabaya (Unesa) yang luar biasa. Lalu, juga sport industry saya lihat di Madiun, ini juga sangat luar biasa,” katanya.

Baca juga :

Lebih lanjut dikatakan, bahwa untuk membangun suatu komitmen bersama bukan hanya olah raga prestasi saja. Namun, olah raga masyarakat yang juga harus dibangun bersama.

“Ada kormi yang saya rasa revitalisasinya mulai berjalan. Bagaimana memasyararakatkan olah raga dan mengolahragakan masyarakat,” ujarnya.

Tidak lupa juga, pihaknya memberikan ucapan terima kasih nya kepada Wali Kota Malang, yang sudah berkenan untuk menjadikan Kota Malang sebagai tuan rumah peringatan Haornas.

Wali Kota Malang, Sutiaji, menyampaikan bahwa sport tourism menjadi Tribina Cita Malang Raya, dimana gabungan dari Kabupaten Malang, Kota Malang dan juga Kota Batu. “Kalau mungkin, Kabupaten Malang punya kearifan lokal di bidang SDA, Kota Batu wisata buatan. Kota Malang kita tawarkan budaya dan kuliner,” ujar Sutiaji.

Sport tourism sendiri, tambahnya, juga menjadi olah raga pengungkit wisatawan untuk datang ke Malang Raya. Dimana dalam waktu dekat, juga akan digelar olah raga nasional maupun Internasional.

“Dalam waktu dekat akan ada Pekan Wartawan Olah Raga Nasional (Pewornas) dilakukan di Kota Malang. Lalu, gelaran Indonesia master dan challange nanti juga dilakukan. Dimana, menghadirkan beberapa negara. Artinya, Malang memang menarik. Didukung Kabupaten Malang dan Kota Batu,” imbuh Sutiaji. (rsy/sit)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here