HomeOlahragaSentot Ketua Umum KONI Kota Batu – KONI KOTA BATU

Sentot Ketua Umum KONI Kota Batu – KONI KOTA BATU


BATU- Secara aklamasi peserta Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) KONI Kota Batu memilih Wakil Ketua KONI Kota Batu, Sentot Ariwahyudi SSos MSi menjadi Ketua Umum KONI Kota Batu masa bhakti 2022-2026.

Sebanyak 32 cabang olahraga yang memiliki hak suara langsung bersepakat memilih Sentot. Pasalnya, Sentot satu-satunya calon Ketua Umum yang memenuhi jumlah syarat minimal dukungan yakni sebesar 20 persen dari jumlah cabang olahraga yang ada atau 7 suara dukungan cabor.

Sementara satu calon yang lain, yakni Gaib Sampurna tidak memenuhi persyaratan minimal dukungan. Artinya Sentot merupakan calon tunggal.

“Sesuai dengan aturan yang ada, jika hanya ada satu calon ketua, maka diputuskan dipilih secara aklamasi, bagaimana setuju?,” tanya Pimpinan Sidang, Suyanto kepada peserta.

Tanpa ragu, para peserta pun berteriak keras. “Setuju !,”. Pimpinan sidang pun menggedok palu sebagai tanda diputuskannya Sentot sebagai Ketua Umum KONI Kota Batu terpilih.

“Selama 30 hari, Tim Formatur yang termasuk didalamnya Ketua terpilih menyusun kepengurusan KONI yang baru,” ujar Suyanto.

Suasana pemilihan Ketua Umum KONI Kota Batu yang diprediksi berlangsung panas tidak terbukti. Sebaliknya suasana pemilihan berlangsung lancar dan penuh kekeluargaan.

Contohnya seperti Gaib Sampurna ketika pimpinan sidang membacakan putusan memenangkan Sentot, Gaib malah nyeletuk guyon. “Ngene iki gak oleh protes a Rek (Saat ini apa tidak boleh protes Rek),” celetuk Gaib disambut tertawa lepas peserta sidang.

Tidak terlihat ketegangan di wajah Ketua Cabang Olahraga Biliar yang meraih medali emas berturut-turut dalam dua kali Porprov ini. Sebaliknya yang terlihat Gaib tersenyum dan tertawa lepas. Mengimbangi kondisi yang ada, Sentot sebelum didaulat memberikan sambutan kemenangan, Sentot mengundang Gaib maju ke depan.

Gaib pun maju dan memberikan selamat kepada Sentot, malah keduanya berpelukan dan mengangkat salah satu tanda kemenangan.

“Dalam demokrasi wajar ada perbedaan, tapi persaudaraan dalam mengembangkan olahraga berprestasi harus tetap dijalin,” ujar Sentot.

Kedua tokoh olahraga yang menjadi kandidat ini memang layak didukung menjadi Calon Ketua Umum. Gaib Sampurna dedikasinya dalam mengembangkan olahraga biliar tidak usah diragukan lagi.

Gaib mencetak atlet Biliar yang rutin menyumbangkan medali emas untuk Kota Batu dalam Porprov Jatim. Ia pun menyumbangkan atlet untuk PON Papua.

Sementara Sentot selama ini kiprahnya di dunia olahraga juga luar biasa. Ia dikenal tangan kanan Drs Mahfud, yang menjabat sebagai Wakil Ketua KONI Kota Batu. Keberhasilan Kota Batu dalam Porprov Jatim 2022 tidak lepas dari tangan dinginnya sebagai Ka Satgas Porprov Jatim 2022.

“Saya mendapatkan amanah cabor dalam Musorkot tahun ini. Prinsipnya amanah ini akan saya laksanakan sebaik baiknya. Saya menyadari selalu ada banyak tantangan apalagi pada tahun 2023 sudah ada porprov, kami harus segera menata diri,” ujarnya.

Seperti diberitakan, dua nama bakal calon Ketua Umum KONI Kota Batu muncul ditengah pelaksanaan Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) KONI Kota Batu yang dilaksanakan KONI Kota Batu di Hotel Selecta, Jumat (25/11/2022) malam.

Kedua kandidat ini adalah Sentot Ari Wahyudi SSos MM yang selama ini dikenal sebagai Wakil Ketua Umum KONI Kota Batu dan Gaib Sampurna yang selama ini dikenal sebagai Ketua Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kota Batu.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Ketua Umum KONI Kota Batu masa bhakti 2022-2026, Sumadi menjelaskan bahwa sebelum pelaksanaan Musorkot, pihaknya sudah melaksanakan Sosialisasi Musorkot bertempat di Pondok Jatim, Kota Batu.

Kegiatan penjaringan ini dilanjutkan tahapan penjaringan. Saat itu, jumlah pengurus cabang olahraga yang mengambil formular pendaftaran calon Ketua Umum sebanyak lima Pengcabor. Namun hanya dua Pengcabor yang mengembalikan formulir.

Menurut Sumadi, jumlah surat dukungan calon Ketua Umum KONI yang diserahkan pengurus Cabor kepada Tim Penjaringan dan Penyaringan sebanyak 23 surat dukungan. Selanjutnya pada 20 November 2022 pukul 15.00 WIB bertempat di Aula KONI Kota Batu dilakukan penghitungan surat dukungan.

“Penghitungan ini disaksikan Ketua/perwakilan Pengurus Cabor antara lain PERTINA, PERBAKIN, BAPPOPSI, PTMSI, PDBI, PASI, telah dilakukan pembukaan surat dukungan yang ditindaklanjuti dengan penandatanganan berita acara oleh Tim Penjaringan dan Penjaringan dan para saksi,”ujar Sumadi.

Lebih lanjuta dijelaskan sebanyak 21 (dua puluh satu) surat dukungan terhadap Sentot dinyatakan sah dan sebanyak 1 surat dukungan kepada Gaib Sampurna dinyatakan sah dan dan ada satu surat dukungan calon ketua umum dinyatakan tidak sah, karena calon yang didukung ternyata tidak mengembalikan formulir pendaftaran.

Tahapan penjaringan dilanjutkan dengan tanggal 21 -24 November 2022 dilakukan perbaikan dan atau verifikasi kelengkapan administrasi persyaratan calon Ketua Umum KONI Kota Batu masa bhakti 2022-2026 atas nama Sentot Ari Wahyudi, S.sos. MM dan kepada Gaib Sampurno yang kemudian dua nama ini diboyong dalam Musorkot. (hms)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here