- Advertisement -spot_img
HomeKabar DesaSetiap Desa di Kota Batu Bakal Miliki Sekolah Budaya

Setiap Desa di Kota Batu Bakal Miliki Sekolah Budaya

- Advertisement -spot_img

Radar Batu, BATU – Setiap desa di Kota Batu bakal memiliki sekolah budaya untuk pengembangan nilai-nilai dan seni budaya kepada masyarakat khususnya generasi penerus.

Hal itu disampikan oleh Ketua Dewan Kesenian Kota Batu (DKKB), Ki Sunarto, Minggu (21/11/2021) kemarin.

Menurutnya pihaknya bersama para pemilik lembaga budaya se Kota Batu sudah membahasnya bersama Wali Kota Batu beberapa waktu lalu.

“Ke depan ada beberapa macam agenda budaya termasuk sekolah budaya, dan pengembangan nilai budaya. Dalam hal ini adat istiadat non tulis yang ada di Kota Batu rencananya akan dicurahkan secara tertulis oleh para sastrawan yang ada di Kota Batu,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga akan membuat E Kesenian, yang mana memuat tentang seluruh kegiatan seniman di Kota Batu, dan juga standardisasi serta nominal honor dari para seniman di Kota Batu.

“Semua itu sudah kami ajukan dan sudah diterima dengan baik oleh Bu Wali,” harapnya.

Bahkan Pemerintah Kota Batu bakal membuat perda tentang kebudayaan. Tujuannya agar seni budaya harus tetap berkembang di Kota Batu.

“Pasalnya selain ikon Kota Batu yang lekat dengan pendidikan dan pariwisata, pengembangan kesenian menjadi hal utama yang harus diperhatikan untuk kemajuan suatu bangsa,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi PEtinggi dan Lurah (APEL) Kota Batu Wiweko mengatakan meski belum mendapat informasi rencana tersebut, pihak desa tentu sangat mendukung.

“Ada pepatah yang bilang ajine rogo soko busono, ajine bongso soko budoyo. Dari pesan itulah kami memiliki harapan ada sinergi yang baik untuk menjaga budaya dan adat istiadat di kota yang dicintai ini,” tukasnya, Senin (22/11/2021).7 (asi/j)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
- Advertisement -spot_img
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here